Minggu, 10 September 2017

SCBA (SELF COUNTAIN BREATHING APPARATUS)

SCBA adalah peralatan yang terdiri dari full face mask, lung demand valve(katup permintaan paru),pressure gauge (tekanan udara), high & low pressure hose(selang tegangan tinggi &rendah),pressure reducer valve( katup pengatur tekanan)waist belt(ikat pinggang),,backpack plate(bockboard),shoulder strap(tali bahu),cylinder,cylinder main valve,,alarming Whistle,(peringatan pluit),straps tube(tali pengikat tabung) bertujuan sebagai alat bantu pernapasan, dimana pada saat bekerja pada tempat kerja yang memiliki kandungan jumlah udara bersihnya dibawah ambang batas minimal, khususnya oksigen (O2).

Adapun bagian-bagian penting dari  SCBA / SCUBA terdiri dari komponen penting, yaitu:
 1.Backpack plate/backbo ard: berfungsi untuk mengakomodasi tabung udara (cylinder).
 2. pressure Reducer Valve: berfungsi untuk menurunkan tekanan dalam tabung udara (cylinder) dari      tekanan tinggi menjadi tekanan rendah. Tekanan dalam tabung bervariasi berkisar 150 Bar / 200      Bar /300 Bar menjadi tekanan rendah yaitu menjadi 8 Bar .
 3. Lung Demand Valve (LDV): berfungsi sebagai bagian penting mengatur komsumsi pemakaian              udara dari tabung dan dihirup melalui masker tertutup (Full face Mask).
 4. Full Face Mask: sebagai penutup wajah dan hidung untuk terhindar dari tekanan udara bebas
     yang terkontaminasii gas beracun atau jumlah oksigen (O2) kurang dari ambang batas minimal.
 5. Pressure Gauge (Pengukur Tekanan): untuk mengetahui tekanan dalam tabung udara.
 6. Alarming Whistle: pluit penanda sebagai peringatan bahwa tekanan udara dalam tabung tinggal         beberapa saat, untuk memperingatkan pemakai segera meninggalkan tempat berbahaya pada
     tempat yang lebih aman. Warning visual, bisa berbentuk vibrasi (getaran) atau Sound (bunyian)
     kisaran 110dB pada jarak 100 cm. Sehingga mudah untuk didengar atau dirasakan oleh pemakai.
 7. Cylinder (Tabung Udara): Tabung udara sesuai dengan perkembangan teknologi, banyak variasi          dengan besar dan kecilnya volume udara dalam tabung. Dan terbuat dari bermacam bahan mulai      dari Alloy (Alumunium), Steel (Baja) dan Fiber Composite. Kapasitas dalam tabung biasanya              berkisar:  6L, 6.8L, atau 9 L Tekanan dalam tabung berkisar; 150 Bar, 200 Bar, 300 Bar.
Dari besar dan jenis bahan dasar tabung dapat mempengaruhi durasi pemakaian dan beratnya peralatan tersebut.
Gmbr.02

    Langkah langkah yang di lakukan bila mempelajari SCBA:
  1. melakukan cek visual: melihat bentuk fisik dari keseluruhan apakah terdapat kerusakan pada peralatan tersebut.setelah itu mengendurkan  waist belt(ikat pinggang),shoulder strap(tali bahu),straps tube(tali pengikat tabung)  dan karet pada masker agar lebih mudah dalam pemakaian SCBA.
  2. melakukan perangkaian SCBA: memasang cylinder(tabung udara) dengan backpack plate/backboard pada pressure reduser valve.
  3. Melakukan pengetesan tekanan tinggi: membuka main valve dengan putaran sebanyak 3X ,        untuk merk scott dan sperian pemutaran main valve  sambil di tarik katupnya ke atas cylinder tutup lagi dengan putaran 3X main valve Tunggu kurang lebih 1 menit guna mengetahui jarum pressure gauge mengalami penurunan jarum dengan melihat berapakah tekan pada pressure gauge  dengan membelakangi kaca pressure gauge(di khawatirkan pecahnya pada kaca).
  4. Pengetesan kebocoran : merilis tekanan udara dengan by pas valve sampai terdangar alarming whistle dan jarum pada pressure gauge  menunjuk ke arah 0,sambil menutup lubang permukaan LDV.
  5. pemakaian SCBA: menggendong SCBA lalu mengkoneksikan dengan full face mask apakah rangkaian berfungsi dengan baik?... dengan membuka main valve pada cylinder
  6. melakukan pengetesan tekanan rendah:menutup main valve apakah ada kebocoran pada masker,bilamana vacum  maka, tekanan rendah pada masker baik
SCBA mempunyai 2 jenis yaitu :
  • Continues Flow (tekanan positif) Suplai udara selalu tersedia di dalam full Face Mask.
  • Demand Type (tekanan negatif) Suplai udara akan keluar bila kita menarik nafas  Berdasarkan suplai udaranya.
  1. Open Circuit (sirkulasi terbuka)
    Sistem kerja SCBA Open Circuit adalah operator menghirup udara yang ada di dalam tabung bertekanan dan menghembuskan nafas keluar melalui katup yang ada pada masker, sistem ini seperti manusia bernafas dengan normal namun sumber udara bukan dari udara bebas melainkan dari udara yang telah disimpan dalam tabung bertekanan. Secara umum SCBA terdiri dari 4 bagian utama yaitu : Cylinder (tabung), Back Plat, Lung Demand Valve (LDV), dan Full Face Mask.
    Cylinder pada SCBA umumnya dapat diisi dengan udara bertekanan hingga 300 bar, artinya apabila cylinder tersebut berkapasitas atau memiliki volume 6,8 liter, maka cylinder tersebut dapat diisi dengan 2040 liter udara (diperoleh dari 300 X 6,8), konsumsi udara manusia saat melakukan aktivitas rata-rata adalah 40 liter / menit, oleh karena itu SCBA yang memiliki cylinder dengan volume 6,8 liter apabila diisi dengan udara bertekanan 300 bar, maka udara akan habis setelah digunakan selama 51 menit (diperoleh dari jumlah udara di dalam tabung dibagi 40), ini disebut dengan “Full Duration” (FD) atau durasi penuh.
    Dengan full duration diatas bukan berarti kita dapat melakukan penyelamatan selama 51 menit, namun 10 menit sebelum udara habis rescuer harus keluar dari ruangan tersebut menuju lokasi aman, waktu 10 menit tersebut dikenal dengan “Safety Margin”(SM) atau batas aman, sehingga SCBA tersebut dapat kita gunakan untuk melakukan pencarian selama 41 menit (51 – 10 atau FD – SM), waktu tersebut disebut dengan Working Duration (WD) atau durasi kerja. pada perangkat SCBA sendiri sudah dilengkapi dengan warning whistle (peluit peringatan) yang akan berbunyi apabila tekanan dalam tabung 60 bar atau 10 menit sebelum udara habis.
    Lebih mudahnya untuk mengetahui berapa lama SCBA dapat digunakan untuk bekerja dapat dicari dengan rumus berikut :
    DURASI PEMAKAIAN 

    Konsumsi udara normal manusia = 40 liter/ menit

                                                FULL DURATION    = (pressure cylinder X volume cylinder)
                                                                                                             40 liter/menit

                                                SAFETY DURATION= 10 menit 

                                                WORK DURATION   = Full Duration - Safety Duration
  2. Close Circuit (sirkulasi tertutup)
    SCBA type Close Circuit atau dikenal juga dengan CCBA (Close Circuit Breathing Apparatuss). Sistem kerja dari alat ini adalah operator bernafas menggunakan udara yang ada dalam unit CCBA kemudian nafas yang mengandung CO2 dihembuskan masuk kembali kedalam alat tersebut dan diolah di absorber menjadi O2, selanjutnya O2 tersebut di hirup kembali oleh operator dan hembusan nafas masuk kembali ke alat begitu seterusnya hingga bahan kimia yang ada di dalam absorber tidak dapat lagi mengubah CO2 menjadi O2.
    Close circuit memiliki durasi hingga 4 jam, biasanya digunakan oleh tim rescue tambang bawah tanah (underground mine rescue).Berikut adalah beberapa ulasan mengenai Close Circuit  :
    • BG4 DraegerBG4 Draeger dapat digunakan hingga 4 jam, alat ini dilengkapi dengan tabung oksigen yang digunakan sebagai tambahan supply oksigen dari absorber yang akan dihirup oleh operator. selain itu pada saat akan menggunakan alat ini, operator harus memasang es batu yang dicetak menggunakan cetakan khusus agar oksigen yang dihirup menjadi dingin, apabila es batu tidak dipasang, maka pada saat bernafas akan terasa panas.
      Tim rescue yang menggunakan alat ini harus selalu menyediakan es batu yang telah di cetak menggunakan cetakan khusus (bawaan dari unit).
      Unit ini cukup nyaman digunakan, hanya saja harus selalu di pasang es terlebih dahulu sebelum digunakan, sehingga membutuhkan waktu untuk memasang es tersebut sebelum unit digunakan.
    • Air Elite 4H MSACCBA type ini tidak menggunakan es dan tambahan oksigen. di dalam unit ini terdapat KO2 Canisters yang dapat mengubah CO2 menjadi O2 selama kurang lebih 4 jam sehingga tidak memerlukan tabung oksigen tambahan.
      Selain itu di dalam unit ini juga dilengkapi dengan kipas kecil (blower) yang menyebabkan oksigen menjadi dingin sehingga tidak perlu tambahan es batu.
      berat dari unit ini kurang lebih 15 Kg.

Note :
 BA Set harus dapat dipergunakan minimum 30 menit untuk kapasitas penuh. ( Peraturan Menteri Perhubungan Nomor  KM 2:4 TAHUN 2005 tentang Pemberlakuan SNI 03-7067-2005 Mengenai Teknis Fasilitas PKP-PK )


1 komentar:

  1. saya baru baca artikelnya pa doddy dan sangat bermanfaat..ada yg saya mau tanyakan, apakah scba apakah diperlukan sertifikasi dari eksternal atau pemerintah dan juga untuk penggunanya??

    BalasHapus